Jumat, 09 September 2016

Penyebab dan Pencegahan Diabetes melitus type 2

Diabetes Melitus Type 2 adalah sebuah penyakit kronis. Hal ini ditandai dengan tingginya tingkat gula dalam darah. Diabetes type 2 juga biasa disebut dengan Adults-Onset Diabetes, karena ini biasa terjadi di umur pertengahan dan lanjut usia. Namun, sekarang sudah mulai menjangkit para anak - anak dan para remaja lho.
Diabetes Melitus Type 2
Penyebab dan Pencegahan Diabetes melitus type 2
Selama pencernaan, makanan dipecah menjadi beberapa komponen dasar. Seperti Karbohidrat dipecah menjadi Glukosa, glukosa sendiri adalah sumber energi yang penting bagi sel - sel tubuh. Terutama untuk menyediakan energi untul sel - sel, glukosa sendiri sebelum masuk ke dalam sel harus meninggalkan darah agar dapat diserap.

Insulin menyebar dalam darah  untuk mengambil glukosa. Sebelumnya, Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas dan pankreas adalah sebuah organ yang berada di perut. Ketika kadar glukosa dalam darah meningkat (Biasanya setelah makan), maka pankreas akan memproduksi lebih banyak insulin.



Diabetes Melitus Type 2
Skema Terjadinya Diabetes Melitus Type 2




Nah, Diabetes Melitus Type 2 sendiri bisa terjadi karena sel - sel tubuh kalian melawan efek insulin, yang dimana insulin berguna untuk jalur lewatnya glukosa dalam darah ke dalam sel - sel normal. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan istilah Resistensi Insulin. Akibatnya, Glukosa mulai menggumpal dalam darah.

Pada orang yang mengalami Resistensi Insulin, didalam pankreas terjadi peningkatan glukosa darah. Pankreas merespon dengan membuat insulin tambahan untuk menjaga gula darah normal. Dan semakin berjalanya waktu, Resistensi Tubuh semakin parah. Pankreas akan merespon dengan memproduksi Insulin berlebihan yang berakibat organ Pankreas akan kelelahan, ketika Pankreas sudah tidak bisa bekerja karena kelelahan maka hasilnya kadar glukosa darah mulai naik.

Setelah kita mengenal bagaimana Diabetes Melitus Type 2 bisa muncul, mari sekarang membahas bagaimana cara mencegahnya agar kita bisa menanggulanginya sejak dini.

Jika kita mempunyai kerabat atau khususnya orang tua dan saudara kandung yang memiliki riwayat Diabetes Melitus Type 2 atau jika tes glukosa darah anda menunjukan pada fase "Pre-Diabetes" (Biasanya pada kadar gula antara 100 - 125 mg/dL), maka kalian dapat dikatakan sudah menginjak pada kondisi yang beresiko.
Kalian dapat mencegah dan menanggulangi Diabetes Melitus Type 2 dengan mekalukan beberapa hal dibawah ini :



  1. Menjaga berat badan agar tetap ideal
  2. Berolah raga secara teratur minimal selama 30 menit selama lima kali dalam seminggu. Kalaupun berat badan anda tidak turu, setidaknya dengan olah raga dapat membantu dalam proses pengurangan resistensi insulin.
  3. Makan makanan yang sehat
  4. Meminum obat Metformin (Glucophage) yang menawarkan beberapa perlindungan tambahan bagi orang - orang penderita Pra-Diabetes

Kalaupun anda sudah menderita Diabetes Melitus Type 2, anda dapat mencegah komplikasi dengan cara Tetap kontrol gula darah anda, karena hal ini dapat mengurangi resiko komplikasi. Lalu cara mencegah resiko komplikasi yang berhubungan dengan jantung dapat dilakukan dengan meminum aspirin harian, terutama jika kalian sudah memiliki beberapa tanda - tanda penyakit jantung, serta jangan lupa untuk mengunjungi Dokter spesialis mata agar dapat mengurasi resiko komplikasi pada mata.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Penyebab dan pencegahan diabetes melitus type 2, semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta bermanfaat bagi kalian semua.

7 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

tq gan infonya bermanfat banget dah ijin bookmark

Wah jd tau penyebabnya, dan jd bisa jaga2 biar gak terkena, thx gan

bener banget gan, makasih dah mampir


EmoticonEmoticon