Rabu, 07 September 2016

Pengertian Racun Arsenik, Racun Yang Membunuh Munir

Tepat pada tanggal 7 September 2016 kemarin kita memperingati 12 tahun meninggalnya aktivis HAM tersohor di Indonesia bernama Munir Said Thalib atau lebih akrab dipanggil Munir. Sekilas tentang riwayat hidupnya, Munir adalah lulusan dari Universitas BRAWIJAYA dari Fakultas Hukum pada tahun 1990 dengan meninggalkan banyak prestasi - prestasi seperti halnya menjadi seorang
Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang 1988.  Mengenai karir, jabatan yang Ia pegang adalah menjadi Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial.

Munir berkiprah tidak hanya dalam dunia ke-aktivis-an HAM, namun juga aktif menjadi seorang penulis. Banyak sekali buku - buku karya Munir yang fenomenal pada zamanya, salah satunya adalah buku Membangun Bangsa dan Menolak Militerisme.

Pengertian Racun Arsenik (Arsen, arsenic, arsenikum ), Racun Yang Membunuh Munir
Pengertian Racun Arsenik, Racun Yang Membunuh Munir
Dibalik kecemerlangan karirnya ada sebuah kejadian tragis yang menimpa Munir. Ia meninggal diatas pesawat Garuda Indonesia pada saat perjalanan ke Belanda pada 7 September 2004, dari hasil otopsi otoritas Belanda, dinyatakan bahwa Munir meninggal akibat keracunan Zat Arsenik (Nama lain : Arsenic, Arsen, Arsenikum) dengan dosis yang fatal. 
Namun kali ini Admin tidak membahas secara lengkap tentang kronologi kematian Munir, namun lebih terfokus pada pembahasan dari Zat Arsenik itu sendiri.

Pengertian Arsenik (Arsen, Arsenic, Arsenikum) sendiri adalah  suatu unsur kimia Semilogam golongan VA , berbentuk bubuk putih, dan tanpa rasa serta bau. Nah, Dari sifatnya yang tidak berasa dan berbau itulah yang menjadi alasan para Intelejen atau bahkan pembunuh menggunakan Arsenik (Arsen, Arsenic, Arsenikum) sebagai senjata andalan dalam meracuni korbanya. Sebenarnya diluar dari kegiatan racun - meracun, Arsenik (Arsen, Arsenic, Arsenikum) sering kita jumpai di kehidupan sehari - hari bahkan mungkin sering kita jumpai dalam lingkungan sekitar, seperti digunakan sebagai Pestisida di buah - buahan dan juga di pakai dalam Industri pewarna dan cat.

arsenik, arsen, arsenic, arsenikum


Setelah mengenal apa itu Arsenik (Arsen, Arsenic, Arsenikum), alangkah baikanya kita sekarang membahas tentang Tanda - tanda dan gejala orang yang keracunan Arsenik (Arsen, Arsenic, Arsenikum) karena ada kemungkinan hal ini menimpa orang disekitar kita. Benar bukan?

Tanda - tanda dan Gejala Keracunan Arsenik (Arsen, Arsenic, Arsenikum) adalah sebagai berikut :

1. Gejala Terkait Perut

Orang yang terkena racun Arsenik (Arsen, Arsenic, Arsenikum) akan mengalami sakit perut yang hebat, terutama dibagian usus. Penyakitnya meliputi Diare dan penyakit lain, yang juga berpotensi menjalar ke bagian Hati.

2. Muntah - Muntah

 Selain Diare, korban juga akan mengalami muntah - muntah akibat keracunan Arsenik (Arsen, Arsenic, Arsenikum). Muntahan dari korban Arsenik (Arsen, Arsenic, Arsenikum) biasa berwarna hijau atau kekuningan dengan disertai bercak darah.

3. Masalah Tenggorokan

Keracunan Arsenik (Arsen, Arsenic, Arsenikum) mengakibatkan rasa kering dan sesak pada Tenggorokan, hal ini membuat si korban menjadi kesusahan dalam berbicara dan serak.

4. Organ Kemih

 Dari gejala diatas, ini adalah daerah yang paling berpengaruh. Biasanya pada korban yang keracunan
Arsenik (Arsen, Arsenic, Arsenikum) akan merasa sensasi terbakar dan nyeri hebat pada organ kemihnya.

5. Gejala lain  

Gejala lain dari korban keracunan Arsenik (Arsen, Arsenic, Arsenikum) seperti air liur diproduksi berlebih, kram otot, kejang, gagal ginjal, dan dehidrasi.

10 komentar


EmoticonEmoticon